detikinet - Kamis, 15/10/2009Jakarta - PT Excelcomindo Pratama (XL) sepertinya bakal mengikuti jejak Indosat yang telah lebih dulu mengeluarkan layanan paket hemat BlackBerry BISLITE.
Dijelaskan Handono Warih, General Manager Direct Sales XL, layanan BISLITE tersebut sejatinya semacam platform dasar yang diberikan Research in Motion (RIM) -- selaku produsen BlackBerry --kepada para operator telekomunikasi mitra resminya.
"Jadi setiap operator partner RIM itu sebenarnya bisa menggelar layanan tersebut (paket hemat-red.), tapi diambil atau tidaknya diserahkan kembali ke operator," ujarnya kepada beberapa wartawan di sela peluncuran BlackBerry Gemini XL di Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (14/102009) petang.
Sebab, lanjut Warih, untuk menggelar layanan paket murah ini tak segampang yang dibayangkan. Operator harus menentukan dulu model bisnis dan skema pentarifannya.
XL sendiri, saat ini sudah mulai berhitung-hitung untuk mengeluarkan layanan BISLITE. "Yang pasti tahun ini, tapi bukan di Oktober," tukasnya.
BISLITE merupakan paket murah layanan BlackBerry yang membatasi pengguna hanya bisa untuk chatting atau menggunakan instant messaging serta menerima dan berkirim email.
Warih menambahkan, selain BISLITE ada juga layanan BISSocial. "Nah, untuk BizzSocial -- sesuai namanya -- ditujukan bagi pengguna yang suka mengakses situs jaringan sosial, seperti Facebook dan Twitter," pungkasnya.
( ash / ash )
Artikel Terbaru
XL Godok Paket Hemat BlackBerry
Kategori : Berita Utama, Telekomunikasi
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan berikan komentar Anda.