Artikel Terbaru

Disebut Mirip Kura-Kura, Pembalap F1 Denda Google

12 Nov, 2009

Disebut Mirip Kura-Kura, Pembalap F1 Denda GoogleBRASIL - Pengadilan kota Brasil memutuskan Google bersalah atas pencemaran nama baik pembalap F1 Ruben Barrichello. Karena itu, Google didenda senilai USD500.000.

Google dianggap bersalah karena membiarkan profil palsu Barrichello diakses oleh banyak pengguna internet melalui situs jejaring sosialnya, Orkut. Hal ini dianggap pengacara Barrichello sebagai pencemaran nama baik.

Akun palsu Barrichello ditemukan berjumlah ratusan di Orkut. Bahkan ada sebuah profil yang menggambarkan Barrichello sebagai sebuah mainan berbentuk kura-kura.

Selain denda sekira USD500.000, pengadilan juga memutuskan untuk memberlakukan denda harian senilai USD590 setiap harinya, sampai Google menghilangkan ratusan akun palsu Barrichello itu dari Orkut.

Menanggapi hal ini, Google mengaku selalu membersihkan layanan internetnya dari konten-konten ilegal, negatif dan tidak sesuai, termasuk yang ada di Orkut. Namun demikian, Google mengaku tidak bertanggung jawab dalam setiap konten yang muncul di layanannya karena hal tersebut merupakan kebebasan yang dibuat oleh para pengguna internet. Google pun diprediksi masih bisa mengajukan banding ke pengadilan tinggi.

Dilansir melalui TechCrunch, Kamis (12/11/2009), jutawan pembalap itu mengaku tidak mempermasalahkan besaran uang yang ia dapat namun lebih merisaukan imej dan kehormatannya yang mulai tercemar karena Orkut. Bahkan ia berjanji akan mendonasikan seluruh denda dari Google ke yayasan miliknya, Barrichello Kanaan Foundation, jika ia berhasil memenangkan kasus ini. (srn)



Bookmark and Share


Artikel yang terkait :



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar Anda.